Telepon082316075702

AlamatPangalengan

Bisnis Daring dan Pemasaran

Pada tahun 2007 SMKN 5 Pangalengan membuka jurusan kompetensi keahlian Pemasaran yang berganti nama menjadi Bisnis Daring dan Pemasaran. Mengingat kebutuhan karyawan pada Perusahaan Bisnis Ritel yang menjamur di Indonesia, maka Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran sangat berpotensi untuk bergabung pada Perusahaan tersebut. Pada tahun 2015 salah satu Perusahaan raksasa Mini Market dengan nama Perusahaan PT.Sumber Alfaria Trijaya,Tbk atau lebih dikenal di masyarakat dengan nama ALFAMART ikut memajukan sekolah dengan mengajak kerjasama Memorandum Of Understanding ( MOU ), merekrut calon karyawan dari sekolah pada saat siswa dinyatakan lulus masuk SMKN 5 Pangalengan di Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran dan siswa yang dinyatakan lulus sama Perusahaan akan tergabung pada kelas unggulan yang disebut Alfamart Class, lulusan dari Alfamart Class akan langsung ikut bergabung di Perusahaan S.A.T pasca Lulus Sekolah, selain Alfamart Perusahaan yang ikut memajukan sekolah adalah Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia ( APRINDO ) salah satu Perusahaannya adalah PT.Akur Pratama ( Yogya Group ) dan masih banyak lagi Perusahaan lainnya.

Tujuan dari Kompetensi Keahlian ini adalah menghasilkan lulusan yang kompeten, bertaqwa, berakhlak mulia, produktif, kreatif dan inovatif di Bidang Bisnis dan Pemasaran, serta mampu melaksanakan Hak dan Kewajibannya sebagai warga negara .

 

 

 

VISI MISI KOMPETENSI KEAHLIAN

BISNIS DARING DAN PEMASARAN

 

Visi

Menciptakan pendidikan yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Bisnis dan Pemasaran dan unggul dalam persaingan Global.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Bisnis dan Pemasaran yang berkualitas untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memanfaatkan sumber daya Perusahaan Ritell khususnya yang ada di Jawa Barat.
  2. Menghasilkan SDM yang kompeten dan profesional baik soft skill maupun hard skill di bidang Bisnis Daring dan Pemasaran.
  3. Meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran yang berkualitas dan berkelanjutan.

Meningkatkan kerjasama antara sekolah dan perusahaan dalam pengembangan pendidikan dan peluang kerja.

 

KOMPETENSI DASAR

BISNIS DARING DAN PEMASARAN

ADMINISTRASI UMUM

3.1   Memahami Administrasi

4.1   Mengelompokkan jenis-jenis administrasi

3.2   Menganalisis jabatan, tugas dan uraian pekerjaan pada kegiatan administrasi

4.2   Membuat uraian tugas setiap tingkatan jabatan pada kegiatan administrasi

3.3   Menerapkan persyaratan personil administrasi

4.3   Menyusun persyaratan personil administrasi

3.4   Menganalisis struktur organisasi

4.4   Membuat struktur organisasi sesuai kebutuhan

3.5   Memahami fungsi-fungsi manajemen

4.5   Mengklasifikasi fungsi-fungsi manajemen

3.6   Menerapkan pencatatan surat / dokumen masuk dan keluar

4.6   Melakukan pencatatan surat / dokumen masuk dan keluar

3.7   Menerapkan penataan surat / dokumen

4.7   Melakukan penataan surat / dokumen sesuai sistem yang berlaku

3.8   Menerapkan penggunaan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi

4.8   Menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi

3.9   Menerapkan tata ruang kerja / kantor ( Office Layout )

4.9   Melakukan penataan ruang kerja / kantor ( Office Layout )

3.10 Menerapkan komunikasi di tempat kerja

4.10 Melakukan komunikasi di tempat kerja

3.11 Menerapkan pencatatan keuangan sederhana

4.11 Melakukan pencatatan keuangan sederhana

3.12  Mengevaluasi kegiatan administrasi Kantor

4.12 Membuat laporan kegiatan administrasi kantor

 

MARKETING

3.1   Memahami pasar

4.1   Melakukan klasifikasi pasar

3.2   Menganalisis pasar

4.2   Membuat laporan hasil analisis pasar

3.3   Menganalisis segmentasi pasar

4.3   Melakukan segmentasi pasar

3.4   Menerapkan strategi bauran pemasaran ( marketing mix )

4.3   Melakukan bauran pemasaran ( marketing mix )

3.5   Menganalisis strategi segmentating, targeting dan positioning produk

4.5   Melakukan strategi segmentating, targeting dan positioning produk

3.6   Menganalisis produk     

4.6   Melakukan pengembangan produk

3.7   Menganalisis siklus daur hidup produk 

4.7   Menentukan daur hidup produk

3.8   Menerapkan strategi barang dan jasa   

4.8   Melakukan strategi pemasaran barang dan jasa

3.9   Menerapkan strategi merek

4.9   Membuat merek

3.10 Menerpakan promosi produk

4.10 Melakukan promosi produk

3.11 Menganalisis riset pasar dan informasi pemasaran     

4.11 Melakukan riset pasar dan informasi pasar

 

PERENCANAAN BISNIS

3.1   Menganalisis lingkungan bisnis

4.1   Melakukan analisis lingkungan bisnis

3.2   Menganalisis peluang bisnis dengan analisis SWOT

4.2   Merencanakan strategi bisnis

3.3   Menerapkan strategi bisnis

4.3   Menentukan strategi bisnis

3.4   Menerapkan perencanaan bauran pemasaran

4.4   Menyusun rencana bauran pemasaran

3.5   Menerapkan pengurusan surat ijin usaha         

1.3   Melaksanakan pengurusan surat ijin usaha

3.6   Menerapkan modal usaha

4.6   Menentukan perolehan modal usaha

3.7   Menganalisis kelayakan bisnis

4.7   Menyusun studi kelayakan bisnis

3.8   Menerapkan prosedur pembuatan proposal usaha

4.8   Menyusun proposal usaha

3.9   Menganalisis pengembangan usaha    

4.9   Melakukan perencanaan kegiatan / event

3.10 Menganalisi pengembangan usaha      

4.10 Menyusun rencana pengembangan usaha

3.11 Menganalisi kebutuhan sumber daya manusia perusahaan

4.11 Merencanakan kebutuhan sumber daya perusahaan

 

KOMUNIKASI BISNIS

3.1   Menerapkan komunikasi bisnis

4.1   Melakukan komunikasi bisnis

3.2   Menerapkan komunikasi bisnis dalam bahasa inggris

4.2   Melakukan komunikasi bisnis bisnis dalam bahasa inggris

3.3   Menganalisis presentasi bisnis

4.3   Melakukan presentasi bisnis

3.4   Menganalisis produk dan pelayanan

4.4   Melakukan rekomendasi produk dan pelayanan

3.5   Menganalisis negosiasi bisnis

4.5   Melakukan negosiasi bisnis

3.6   Menganalisis hubungan dengan pelanggan

4.6   Membangun hubungan dengan pelanggan

3.7   Menerapkan prosedur penulisan surat niaga dalam bidang bisnis

4.7   Membuat surat niaga dalam bidang bisnis

3.8   Menerapkan penyelenggaraan rapat

4.8   Menyelenggarakan rapat

3.9   Menerapkan interview

4.9   Menyelenggarakan interview

 

PENATAAN PRODUK

3.1   Memahami penataan produk food, fresh dan kosmetik di Supermarket, fashion dan   

        sport

4.1   Melakukan pengelompokkan penataan produk food, fresh dan kosmetik di 

        supermarket, fashion dan sport

3.2   Mengevaluasi tampilan barang dalam penataan produk supermarket, fashion, sport,

        drink, food, fresh dan kosmetik, fashion dan sport

4.2   Membuat rancangan tampilan produk, drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport

3.3   Menganalisis berbagai atribut produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport

4.3   Membuat atribut produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport

3.4   Menganalisis data spesifikasi produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport

4.4   Membuat data spesifikasi produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport

3.5   Memahami karakter produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport

4.5   Melakukan pengelompokkan karakteristik produk drink, food, fresh dan kosmetik di 

        supermarket, fashion dan sport

3.6   Menganalisis pelabelan / barcode produk drink, food, fresh dan kosmetik di

        supermarket, fashion dan sport

4.6   Melakukan pelabelan / barcode produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport

3.7   Menganalisis layout / planogram penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di

        supermarket, fashion dan sport

4.7   Membuat layout / planogram produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport

3.8   Menganalisis elemen desain dan visual display produk drink, food, fresh dan kosmetik

        di supermarket, fashion dan sport

4.8   Membuat elemen desain dan visual untuk display produk drink, food, fresh dan 

        kosmetik di supermarket, fashion dan sport

3.9   Menganalisis fixture yang digunakan pada penataan produk drink, food, fresh dan

        kosmetik di supermarket, fashion dan sport

4.9   Membuat rencana fixture penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di

        supermarket, fashion dan sport

3.10 Menerapkan SOP penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket

4.10 Melaksanakan penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket

        berdasarkan SOP perusahaan

3.11 Menganalisis ide2 inovatif dalam penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di

        supermarket, fashion dan sport

4.11 Membuat rancangan ide2 inovatif dalam penataan produk drink, food, fresh dan

        kosmetik di supermarket, fashion dan sport

3.12 Menerapkan prosedur perawatan secara berkala produk drink, food, fresh dan kosmetik

        di supermarket, fashion dan sport

4.12 Melakukan perawatan produk secara berkala produk drink, food, fresh dan kosmetik di

        supermarket, fashion dan sport

3.13 Menerapkan pengaturan tempat kerja, menjaga kebersihan area kerja produk drink,

        food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport

4.13 Menata tempat kerja, menjaga area kebersihan kerja, produk drink, food, fresh dan

        kosmetik di supermarket, fashion dan sport

3.14 Menerapkan kebersihan area kerja produk drink, food, fresh dan kosmetik di

        supermarket, fashion dan sport

4.14 Membersihkan area kerja produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport

3.15 Menganalisis stock floor sesuai SOP, produk drink, food, fresh dan kosmetik di

        supermarket, fashion dan sport

4.15 Membuat laporan stock floor sesuai SOP produk drink, food, fresh dan kosmetik di

        supermarket, fashion dan sport

3.16 Menerapkan keamanan toko dan meminimalkan resiko kerugian produk food, fresh dan    

        kosmetik di supermarket, fashion dan sport sesua SOP

4.16 Melakukan keamanan toko dan meminimalkan resiko kerugian produk food, fresh 

        dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport sesuai SOP

3.17 Mengevaluasi tampilan penataan produk food, fresh dan kosmetik di

        supermarket, fashion dan sport sesuai SOP

4.17 Melakukan perbaikan tampilan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport sesuai SOP

3.18 Menganalisis promosi produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport sesuai SOP 

4.18 Melakukan tindak lanjut hasil analisis promosi produk food, fresh dan kosmetik di

        supermarket, fashion dan sport

3.19 Menganalisis loyalitas pelanggan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport

4.19 Menjaga loyalitas pelanggan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, 

        fashion dan sport

 

BISNIS ONLINE

3.1   Memahami bisnis online

4.1   Menggolongkan jenis-jenis bisnis online

3.2   Mengevaluasi website

4.2   Merancang website

3.3   Menerapkan pembuatan website  

4.3   Membuat website

3.4   Menganalisis kata kunci SEO on page  

4.4   Membuat kata kunci SEO on page

3.5   Menerapkan SEO off page        

4.5   Mempraktikkan SEO off page

3.6   Menerapkan pembuatan email

4.6   Membuat email

3.7   Menerapkan pemasaran OL menggunakan Media Sosial

4.7   Membuat pemasaran OL menggunakan Media Sosial

3.8   Menerapkan pembuatan akun media sosial

4.8   Membuat akun media sosial

3.9   Menerapkan pemasaran OL menggunakan media sosial        

4.9   Membuat pemasaran OL menggunakan media sosial

3.10 Menerapkan iklan PPC menggunakan Google Adwords         

4.10 Membuat iklan PPC menggunakan Google Adwords

3.11 Menganalisi kebutuhan sumber daya manusia perusahaan

4.11 Merencanakan kebutuhan sumber daya perusahaan

3.12 Menganalisis pendistribusian iklan online

4.12 Mendistribusikan iklan online

3.13 Menganalisis iklan online berbasis keywords

4.13 Membuat iklan online berbasis key word

3.14 Mengevaluasi website e-commerce

4.14 Merancang website e-commerce

3.15 Menganalisis website pemasaran pada perangkat mobile

4.15 Membuat website pemasaran pada perangkat mobile

3.16 Menerapkan pembuatan Blog   

4.16 Membuat Blog

3.17 Menerapkan adsense pada Blog

4.17 Membuat adsense pada blog

3.18 Menganalisa afiliasi pemasaran

4.18 Melakukan afiliasi pemasaran

3.19 Menerapkan pembuatan laporan pemasaran online

4.19 Membuat laporan pemasaran online

 

PENGELOLAAN BISNIS RITEL

3.1   Memahami bisnis ritel

4.1   Melakukan bisnis ritel

3.2   Menganalisis manajemen bisnis ritel

4.2   Melakukan manajemen bisnis ritel

3.3   Menganalisis kesehatan dan keselamatan kerja ( K3 ) dalam pengelolaan bisnis ritel

4.3   Melaksanakan kesehatan dan keselamatan kerja dalam pengelolaan bisnis ritel

3.4   Menerapkan sistem informasi ritel

4.4   Melakukan system informasi ritel

3.5   Menganalisis perilaku konsumen dalam bisnis ritel

4.5   Membuat laporan hasil analisis perilaku konsumen dalam bisnis ritel

3.6   Menganalisis undang-undang perlindungan konsumen

4.6   Menggunakan undang-undang perlindungan konsumen ( UU no.8 tentang   

        perlindungan konsumen )

3.7   Menganalisis advertising dalam bisnis ritel

4.7   Melakukan advertising dalam bisnis ritel

3.8   Menganalisis personal selling dalam bisnis ritel

4.8   Melakukan personal selling dalam bisnis ritel

3.9   Menganalisis sales promotion dalam bisnis ritel

4.9   Melakukan sales promotion dalam bisnis ritel

3.10 Menganalisis public relation dalam bisnis ritel

4.10 Melakukan public relation dalam bisnis ritel

3.11 Menerapkan prosedur administrasi bisnis ritel

4.11 Membuat administrasi bisnis ritel

3.12 Menganalisis lembaga waralaba dan peranannya

4.12 Menyusun laporan tentang lembaga waralaba dan peranannya

3.13 Menganalisis manajemen inventory dalam bisnis ritel

4.13 Melakukan sistem manajemen inventory dalam bisnis ritel

3.14 Menganalisis teknologi dalam ritel

4.14 Menggunakan teknologi dalam ritel

3.15 Menganalisis manajemen pergudangan dalam bisnis ritel

4.15 Menggunakan sistem manajemen pergudangan dalam bisnis ritel

3.16 Menerapkan metode FIFO, LIFO dan AVERAGE dalam perhitungan nilai persediaan

4.16 Menghitung nila persediaan dengan metode FIFO, LIFO dan AVERAGE

3.17 Menganalisis stock opname dalam bisnis ritel

4.17 Melakukan stock opname dalam bisnis ritel

3.18 Menerapkan penjualan langsung

4.18 Melakukan penjualan langsung

3.19 Mengevaluasi penjualan berbasis data

4.19 Menyusun laporan hasil penjualan berbasis data

3.20 Menganalisis sumber daya keuangan bisnis ritel

4.20 Memilih sumber daya keuangan bisnis ritel

 

ADMINISTRASI TRANSAKSI

3.1   Memahami SOP administrasi transaksi

4.1   Melakukan pengelompokkan SOP administrasi transaksi

3.2   Menerapkan alur transaksi

4.2   Menentukan alur transaksi

3.3   Menganalisis pencatatan bukti transaksi

4.3   Melakukan pencatatan bukti transaksi

3.4   Menganalisis dokumen transaksi pembelian

4.4   Membuat administrasi transaksi pembelian

3.5   Menganalisis dokumen transaksi penjualan

4.5   Membuat administrasi transaksi penjualan

3.6   Menerapkan pencatatan transaksi pada bukti penjualan tunai

4.6   Menyusun catatan transaksi pada bukti-bukti penjualan tunai

3.7   Menerapkan pencatatan transaksi pada bukti penjualan kredit

4.7   Membuat transaksi pada bukti-bukti penjualan kredit

3.8   Menerapkan pencatatan transaksi pada bukti transaksi internet

4.8   Membuat transaksi pada bukti-bukti internet

3.9   Menerapkan pencatatan transaksi bukti penerimaan kas

4.9   Membuat transaksi bukti-bukti penerimaan kas

3.10 Menerapkan pencatatan transaksi bukti pengeluaran kas

4.10 Membuat catatan transaksi pada bukti-bukti pengeluaran kas

3.11 Menerapkan mesin pembayaran dalam transaksi

4.11 Mengoperasikan mesin pembayaran dalam transaksi

3.12 Menerapkan pengoperasian alat hitung

4.12 Mengoperasikan alat hitung

3.13 Menerapkan pengoperasian mesin pembayaran tunai / non tunai

4.13 Mengoperasikan mesin pembayaran tunai / non tunai

3.14 Menerapkan pengoperasian alat bantu verifikasi dalam transaksi

4.14 Mengoperasikan alat bantu verifikasi dalam transaksi

3.15 Menerapkan prosedur alat komunikasi dalam transaksi ( telepon, fax. Microfon, dll )

4.15 Menggunakan alat komunikasi dalam transaksi ( telepon, fax, microfon, dll )

3.16 Menerapkan perawatan dan pemeliharaan mesin-mesin transaksi

4.16 Melakukan perawatan dan pemeliharaan mesin transaksi sesuai prosedur

3.17 Mengevaluasi hasil penjualan

4.17 Menyusun laporan hasil penjualan  

3.18 Menganalasis penggunaan ICT dalam administrsi transaksi

4.19 Mengunakan ICT dalam pembuatan administrasi transaksi

 

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN

3.1   Memahami kewirausahawan dan wirausaha

4.1   Melakukan pengelompokkan karakter wirausaha

3.2   Menganalisis peluang usaha produk barang / jasa

4.2   Merencanakan produk usaha

3.3   Menerapkan dokumen administrasi usaha

4.3   Membuat dokumen usaha

3.4   Menganalisis kebutuhan sumberdaya usaha

4.4   Membuat perencanaan kebutuhan sumber daya usaha

3.5   Menganalisis sistem layanan usaha

4.5   Merencanakan sistem layanan usaha

3.6   Menerapkan layanan usaha

4.6   Melakukan layanan usaha

3.7   Menerapkan media promosi pemasaran

4.7   Membuat media promosi untuk pemesanan

3.8   Menghitung harga pokok produksi

4.8   Menentukan BEP dan keuntungan usaha

3.9   Menganalisis pemasaran produk

4.9   Melakukan pemasaran produk

3.10 Menganalisis laporan keuangan sederhana

4.10 Membuat laporan keuangan sederhana

3.11 Mengevaluasi hasil kegiatan usaha

4.11 Membuat perencanaan tindak lanjut hasil evaluasi usaha

3.12 Menerapkan media promosi untuk pemasaran online

4.12 Membuat media promosi untuk pemasaran online

3.13 Menganalisis pemasaran online

4.13 Melakukan pemasaran online

3.14 Menerapkan pengajuan Haak atas Kekayaan intelektual ( HAKI )

4.14 Membuat pengajuan dokumen untuk perolehan HAKI

 

KEGIATAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN

  1. OBSERVASI LAPANGAN

Siswa kelas X melaksanakan kegiatan observasi dan kunjungan industri ke Perusahaan-Perusahaan bagian pemasaran yang berbeda setiap tahunnya, untuk membandingkan dan membuka wawasan bagi siswa baru yang mengambil jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.

  1. KESEMAPTAAN

Kegiatan kesempataan dimaksudkan untuk siswa kelas X dan atau kleas XI yang akan melaksanakan prakerin. Kegiatan ini dilakukan untuk membiasakan siswa agar lebih disiplin, jujur, bertanggung jawab dan memberikan penguatan karakter siswa agar terbiasa melakukan segala sesuatu tepat waktu. Kegiatan ini dilaksanakan di Secata Dodik Pangalengan atas kerjasama pihak SMKN 5 Pangalengan dengan pihak Secata Rindam Dodik Pangalengan.

  1. PRAKTEK PEMBELAJARAN

Berbagai kegiatan praktek pembelajaran dilaksanakan pada saat jam pelajaran, dari mulai Belajar Bisnis Online, Penataan Produk, Administrasi Transaksi dan masih banyak lagi.

  1. PRAKTEK KERJA LAPANGAN ( PKL )

Praktek kerja lapangan dilaksanakan di Perusahaan Alfamart dan Yogya Group yang sudah lama bekerjasama dengan SMKN 5 Pangalengan Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.

Bisnis Daring dan Pemasaran

Video Channel

UNBK SMKN 5 PANGALENGAN DAN SMK KARYA NUSANTARA HDASTV
UNBK SMKN 5 PANGALENGAN DAN SMK KARYA NUSANTARA HDASTV
PENSI SMKN 5 PANGALENGAN HDASTV
PENSI SMKN 5 PANGALENGAN HDASTV